179 Atlet Pelatda Porwil Riau Dikukuhkan

Tidak ada komentar 237 views

image

GENDERANG perang sudah ditabuh.Meski pesta olahraga multi iven empat tahunan baru satu tahun lagi digelar, tapi  KONI Riau  sudah melakukan persiapan atlet-atletnya untuk merebut tiket lolos ke PON XIX 2016.

Ya, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia  (KONI) Riau, Drs Emrizal Pakis MM  secara resmi membuka Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Kontingen Riau  di Hotel Alpha, Minggu (11/10/2015) malam.

Kontingen Riau ini mengemban tugas meraih tiket lolos PON sebanyak-banyaknya  di ajang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera IX  di Bangka Belitung.

Ada 210 atlet dan pelatih dari 10 cabang masuk dalam tim dan secara resmi akan menjalani latihan secara terpusat  selama sebulan ke depan atau dari 11 Oktober sampai  dengan 10 November 2015 mendatang.

Seluruh atlet dan pelatih mulai Selasa (12/10/2015) langsung mendapat pengawasan penuh dari panitia pelaksana persiapan kontingen Riau. Mulai dari akomodasi, transportasi, konsumsi dan pelayanan kesehatan.

Ketua Umum KONI Riau Drs Emrizal Pakis MM mengatakan, ajang Porwil IX merupakan salah satu ajang penentu atlet-atlet Riau berlaga atau tidak di Pekan Olahraga Nasional XIX di Jawa Barat.Karena itu, kepada seluruh atlet dan pelatih harus serius menata diri mempersiapkan mental demi sebuah prestasi yang menjadi hasil akhir daripada latihan.

“Di ajang Porwil kita berharap kontingen Riau mampu meraih tiket lolos PON XIX sebanyak-banyaknya,” tegas Emrizal.

Selain meloloskan sebanyak mungkin atlet ke PON Jabar, Emrizal juga meminta seluruh atlet serius dan memberikan prestasi terbaik di Porwil.

“Kalau bisa kita juara,” ujarnya.

Pelatda memang baru dibuka, sebut Emrizal, namun 10 pengprov cabang olahraga telah melakukan persiapan atlet sejak jauh hari dan Pelatda ini merupakan penguatannya saja dengan tujuan agar kontingen lebih solid.

Mantan Asisten II Pemerintah Provinsi Riau ini berpesan kepada seluruh atlet agar selalu menjaga disiplin dan kekompakan selama menjalani pemusatan latihan.”Kita berharap seluruh kontingen bisa menjaga tata tertib selama mengikuti pelatda,” pesannya.

Sementara itu Ketua Satgas Pelatda Riau Sudarman Umar menuturkan, pihaknya selama pemusatan latihan daerah, telah menyiapkan akomodasi terhadap kontingen Riau yang dibagi dua zona.Zona I di Hotel Dharma Utama dan zona II di Hotel Akasia.

“Setiap zona terdiri dari lima cabang olahraga, khusus sepakbola diinapkan di Wisma Benny. Kita berharap pelatda ini berjalan lancar dan seluruh atlet nyaman berlatih,” katanya.

Berikut Data Jumlah Atlet dan Pelatih Porwil Riau

1.Atletik 24 (17 putra 7 putri) 5 pelatih
2.Renang 10 (6 putra 4 putri) 2
3.Bola 20 4
4.Basket 24 (12 putra 12 putri) 4
5.Takraw 24  (12 putra 12 putri) 5
6.Panjat 18 (10 putra 8 putri) 3.
7.Bulutangkis 16 (8 putra 8 putri) 3
8.Silat 27 (15 putra 12 putri) 4
9.Catur 7 putra 1
10.Biliard 7 (4 putra 3 putri) 2