Asap Mengepung, Atlet Sepatu Roda Tidak Latihan

Tidak ada komentar 258 views

image

Meski penyelenggaraan  kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra-PON) makin dekat, namun atlet sepatu roda terpaksa tidak melaksanakan latihan. Hal ini terjadi akibat asap yang melanda Riau sejak sebulan terakhir ini.

‘’Venue mereka latihan di Siak sangat dekat dengan titik api, sehingga Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) menjadi sangat berbahaya dan tidak memungkinkan untuk melakukan latihan,’’ kata Kabid Binpres Pengprov Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi) Riau Samsurizal, Senin (28/9) siang.

‘’Sejak kondisi asap makin pekat dengan ISPU yang membahayakan, kami langsung meliburkan latihan. Sebab kalau dipaksakan tentu sangat membahayakan kesehatan atlet. Apalagi olahraganya diluar ruangan dan berlari, sehingga sangat rentan terhirup asap,’’ ujarnya.

Padahal, sebutnya, 6 Oktober mendatang mereka sudah harus berangkat ke Semarang untuk mengikuti Pra-PON yang dijadwalkan pada 9-11 Oktober. Jadwal babak kualifikasi tersebut kurang dari dua pekan lagi.

Untuk menjaga kebugaran 13 atlet yang disiapkan untuk mengikuti Pra PON, Perserosi mengantisipasi dengan melakukan fitnes di dalam ruangan. Sehingga para atlet tetap siap secara fisik untuk melakukan pertandingan.

‘’Namun kondisi saat ini membuat dilema. Jangankan menggelar latigan teknis memenangkan pertandingan dengan praktek di venue. Pesawat saja sudah dua hari tidak mendarat lagi di Pekanbaru. Makanya kita hanya bisa berdoa agar kabut asap berkurang,’’ harapnya.***