Bagus Santoso Pimpin PASI Riau

Tidak ada komentar 964 views
Bagus Santoso

Bagus Santoso

Secara Aklamasi, Bagus Santoso terpilih untuk menahkodai PASI Riau lima tahun ke depan. Bagus diharapkan bisa meningkatkan prestasi atletik Riau di berbagai iven.

Bagus Santoso akhirnya terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Provinsi Riau melalui Musyawarah Provinsi (Musprov) PASI Riau yang digelar di Grand Mempura Hotel, Kabupaten Siak, Rabu 4 Juni 2014. Pria yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Riau ini menjadi satu-satunya kandidat yang maju pada pemilihan pimpinan cabor atletik di Bumi Lancang Kuning.

Menurut Bagus, sejauh ini perkembangan cabang olahraga atletik di Riau saat ini memang sudah cukup baik. Namun, menurutnya tidak hanya puas begitu saja. Pasalnya, sejauh ini prestasi cabor atletik ini lebih dominan di nomor jalan cepat.

“Kita harus gerakan lagi dan memanfaatkan potensi-potensi yang ada. Bukan hanya jalan cepat tapi banyak lagi nomor-nomor lain. Misalnya nomor lempar kemudian lari. Apakah itu, lempar lembing, lempar cakram dan banyak lainya,” sebutnya.

Bukan saja memanfaatkan hal tersebut. Menurutnya harus lebih aktif lagi menjaring atau mencari atlet langsung ke Kabupaten dan Kota. “Kalau selama ini kita lihat atlet-atlet yang ada kebanyakan merupakan hasil dari kejuaraan setiap tingkatan. Misalnya, juara di Kecamatan, tingkat Kabupaten dan Kota kemudian Ke Provinsi. Nah, kita juga perlu turun langsung. Karena pasti saja ada atlet-atlet yang berpotensi dan jika memungkinkan pasti bisa dibina. Memang tidak masuk dalam iven-iven. Namun, apa salahnya kita bina jika atletnya punya kemampuan,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau, Emrizal Pakis mengatakan bahwa cabang olahraga atletik merupakan cabor yang juga berkontribusi dalam menghasilkan prestasi di Riau.

“Tentu saja antara atlet, pelatih dan organisais merupakan sistem yang tidak bisa dipsahakan. Untuk itu ke depan, kepengurusan harus solid dengan atlet dan pelatih,” harapnya.

Pria yang pernah menahkodai PASI Riau ini juga berharap kedepan prestasi cabang olahraga atletik semakin baik kedepan. “Koni juga akan membuat tim penjariangan untuk mencari bibit-bibit atlet. Termasuk menjaring atlet-atlet atletik,” katanya.(p-3)