Berbuka Puasa KONI, Menuju Porwil, KONI Riau Akan Bekerja Keras

emrizal pakis koni

DI tengah merosotnya prestasi olahraga Indonesia, KONI Riau memberi apresiasi tinggi kepada atlet-atlet Riau yang meraih prestasi di SEA Games 2015 Singapura, Juni 2015. Menurut Ketua KONI Riau, H Emrizal Pakis, apa yang diberikan atlet-atlet Riau untuk bangsanya, adalah sebuah bentuk pengabdian yang tak ternilai.

“Ini adalah bentuk sumbangan Riau untuk Indonesia di bidang olahraga. Mari kita beri apresiasi untuk mereka,” ujar Emrizal Pakis dalam acara buka bersama KONI Riau dengan komunitas olaraga Riau di Hotel Ibis, Pekanbaru, Jumat (3/7/2015).

Ada 13 atlet Riau yang bertarung di Singapura. Mereka ada yang mempersembahkan medali emas, perak, maupun perunggu. Sebagian dari mereka datang dalam acara tersebut. Mereka yang berprestasi antara lain Maizir Rionda, Wiko, Tanzil Hadid, Wina Apriani, Riska, dan Ramadani (dayung), I Gede Siman (renang), David Agung (tenis), dan beberapa atlet lainnya di cabang sepaktakraw, pencak silat, dll.

Menurut Emrizal, para atlet tersebut nantinya akan bahu-membahu bersama atlet lain yang akan dipersiapkan ke Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) di Bangka Belitung bulan November 2015. Mereka kini digembleng dalam pemusatan latihan daerah, bahkan ada yang masih berada di Pelatnas dan di luar negeri seperti di Belanda dan Prancis. Saat puasa pun, mereka juga tetap latihan seperti cabang judo dan karate.

“Di iven ini, ada dua misi yang diemban atlet Riau. Yakni harus menjadi yang terbaik di Sumatera dan berusaha meloloskan atlet sebanyak-banyaknya ke PON 2016 Jawa Barat,” ujar Emrizal.

Sementara itu Kadispora Riau, Edi Yusti, yang mewakili Plt Gubernur Riau, juga memberi apresiasi kepada seluruh atlet Riau yang berprestasi di berbagai iven, seperti SEA Games, Peparnas (peringkat 4 dan yang terbaik di Sumatera), Popnas, dll. Menurut Edi Yusti, berhasil atau tidaknya seorang atlet, tergantung pada niat dan kejujuran para pembina olahraga.

“Di tengah menurunnya prestasi olahraga Indonesia secara keseluruhan, kita masih patut berbangga karena atlet-atlet Riau memberikan prestasi di berbagai iven,” jelasnya.

Dalam acara tersebut, hadir lebih dari 300 insan olahraga yang terdiri dari atlet, pelatih, pengurus cabang olahraga, maupun pengurus KONI Riau. Di antara mereka terlihat hadir Rektor Unri Aras Mulyadi, para Anggota Dewan Penyantun dan Dewan Kehormatan KONI Riau seperti Raja Azis, Agus Ramadhan, Arsyad Rahim, dan Tarmizi Tohor.

Hadir juga dua anggota DPR Riau, Septina Primawati Rusli dan Ade Hartati. Beberapa petinggi cabang olahraga juga ikut hadir sepert Dheni Kurnia (Forki),  Jufri Hasan Basri (Pordasi), T Agustarudin (FPTI), Ellyas Labay (ISSI), Sanusi Anwar (PODSI dan PABBSI) dan yang lainnya.***