Empat Kabupaten Berminat Tuan Rumah Porprov IX 2017

Tidak ada komentar 547 views

Empat kabupaten/kota ajukan permohonan sebagai tuan rumah pelaksana Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IX Riau Tahun 2017 mendatang. Untuk penetapan itu, Koni Riau akan bentuk tim seleksi dan penilai kelayakan daerah penyelenggara.

Empat kabupaten/kota itu diantaranya Rokan Hulu, Kampar, Meranti dan Kuantan Singingi. “Untuk Kabupaten Rokan Hulu, langsung bupatinya yang menyampaikan niatnya ke Koni,” ujar Ketua Umum Koni Riau H Emrizal Pakis usai memimpin rapat Koni Riau bersama Koni kabupaten/kota di Wisma Five Boy Pematang Reba Ahad (19/10).

Menurutnya, sebelum dibentuk tim penilai kelayakan daerah sebagai penyelenggara Porprov IX, terlebih dahulu akan dibahas ditingkat Koni Riau. Pembicaraan itu bisa saja berkaitan dengan kriteria yang akan ditetapkan sebagai tuan rumah hingga penetapan tim.

Ketika ditanya dari empat kabupaten/kota yang dipandang layak sebagai tuan rumah. Dikatakannya, pada prinsipnya dari empat kabupaten/kota yang mengajukan diri sebagai tuan dinilai layak.

Hanya saja, hal itu harus didukung oleh kesiapan daerah baik pendanaan maupun infrastrukturnya. “Diantara kabupaten/kota itu juga sudah ada sarana olahraga pendukung. Makanya melelui pembahasan ditingkat Koni mendatang perlu perlu ada penetapan ketentuan-ketentuan bagi daerah sebagai penyelenggara,” ungkapnya.

Dalam pada itu Ketua Koni Inhu H Sunardi Ibrahim S.Sos MM mengatakan, sebagai calon tuan rumah perlu dukungan kepala daerah dan DPRD setempat. “Ini berkaitan dengan pendanaan dan tanggung jawab sebagai tuan rumah,” ujarnya.

Karena sebutnya, Kabupaten Inhu sebagai tuan rumah Porprov VIII tahun 2014 merupakan permintaan Bupati Inhu H Yopi Arinato SE. Bahkan dengan kondisi juga masih agak terkendala dibidang pendanaan yang sebelumnya sempat tidak disetujui oleh DPRD. “Makanya perlu ada persetujuan kepala daerah dan DPRD bagi kabupaten/kota sebagai calon tuan rumah Porprov IX,” ulangnya. (media-center)