Hakmal Lisauda Peringkat Lima Asia

Tidak ada komentar 308 views

hakmalAtlet jalan cepat Riau, Hakmal Lisauda, menempati peringkat lima Kejuaraan Jalan Cepat Asia 20 Km atau Asian 20 Km Race Walking Championship yang digelar di Naomi, Jepang, pada 16 Maret 2014. Peraih medali emas jalan cepat 10 Km PON Riau ini berhasil mencatat waktu 1 jam 33 detik.

Catatan waktu tersebut lebih baik dari catatan waktu terbaiknya sebelum tampil di Jepang yakni 1 jam 31 menit. Pelatih jalan cepat Riau, Bahzaruddin yang juga mendampingi Hakmal Lisauda ke Jepang mengaku bangga dengan prestasi yang ditorehkan anak asuhannya tersebut.

‘’Hakmal Lisauda tertinggal dengan Korea, Jepang, India dan Kazakhstan yang lebih dahulu mencapai garis finish. Namun saya tetap merasa bangga karena catatan waktunya sudah menunjukkan peningkatan. Untuk negara Asia Tenggara, Hakmal Lisauda masih di atas,’’ ujar Bahzaruddin.

Tak hanya itu, Hakmal Lisauda juga tak melakukan kesalahan di kejuaraan ini sehingga tidak ada peringatan dari wasit yang berlevel internasioanal. ‘’PB PASI meminta Hakmal Lisauda untuk tetap dilatih lebih baik lagi karena tahun depan Hakmal Lisauda masih diminta PB untuk memperkuat Indonesia di kejuaraan ini,’’ terangnya.

Bahzaruddin mengatakan kondisi cuaca yang di bawah 5 derajat celsius juga berpengaruh dengan penampilan anak asuhannya di Jepang. ‘’Cuaca memang sangat dingin dengan suhu di bawah 5 derajat Celcius. Selama ini atlet kita berlatih tidak pernah seperti itu. Jadi pengaruh sangat besar,” tuturnya.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PASI Riau, H Ridaswin ikut bangga, walaupun Hakmal Lisauda belum meraih medali. ‘’Secara umum Hakmal Lisauda telah meningkat. Lawannya cukup berat di kejuaraan ini karena atlet andalan dari negara-negara lain tampil. Kita berharap ke depan ini akan menjadi lebih baik lagi,’’ujarnya.

Ridaswin menambahkan iven ini bisa dijadikan pengalaman berharga buat Hakmal Lisauda dan pelatih Bahzaruddin menjelang PON 2016 di Jawa Barat. “Setidaknya dari iven yang diikuti atlet se-Asia ini, Hakmal Lisauda dan Bahzaruddin bisa menambah pengalaman bertanding,” ujarnya.

Di bawah binaan Bahzaruddin, Hakmal Lisauda sukses meraih medali emas jalan cepat 10 Km di PON Riau 2012. Hakmal Lisauda juga diharapkan mampu mempertahankan prestasi tersebut untuk menjaga tradisi Riau selalu meraih medali emas di nomor jalan cepat sejak bergabungnya Kristian L Tobing. Ya, Hakmal Lisauda di plot untuk menjadi penerus Kristian L Tobing.(p-1)