Hari Pertama, Riau Pimpin Klasemen Sementara Porwil

Tidak ada komentar 279 views

tobing atletik

ATLET catur Riau tampil gemilang di Pekan Olahraga Wilayah (Popwil) Sumatera 2015/Bangka Belitung. Riau keluar sebagai juara umum setelah meraih empat medali emas dan satu perak. Empat emas tersebut diraih dari beregu putra, papan 1 putra atas nama Asrul Hidayat, papan 3 putra atas nama Ahmad Bahtiar dan papan 4 putra atas nama Jhon Roy Damanik. Satu perak diraih Hardian Anwar di perorangan putra.

Tak hanya itu, hasil ini juga memastikan Riau lolos ke PON Jawa Barat 2016 untuk nomor beregu yang diperkuat Asrul Hidayat, Nelson Roganda, Ahmad Bachtiar dan Jhon Roy.

‘’Untuk perorangan masih dalam perhitungan panitia. Kalau beregu, kita sudah pasti lolos. Hasil ini patut disyukuri karena kami melampaui target yang diminta KONI Riau,’’ ujar Ketua Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Riau, Ahmad Syah Harrofie kepada PRIORITAS, Kamis (12/11).

Ya, catur hanya ditargetkan meraih dua medali emas di Porwil tahun ini. ‘’Dengan demikian maka kami sudah melampaui target. Bahkan, kami optimis bisa menambah medali emas lagi karena di Porwil ini catur memperebutkan 18 medali emas,’’ tambah pria yang juga Penjabat Bupati Bengkalis ini.

Sementara itu, Kamis (12/11), selain catur, atlet Riau juga tampil gemilang di cabang atletik. Riau berhasil menyabet dua medali emas empat medali perak. Dua medali emas tersebut disumbangkan oleh, Kristian L Tobing di nomor jalan cepat 20 km dengan catatan waktu, 1 jam 45 14 detik, diikuti Sulaiman (Sumbar) dengan  1 jam 48 detik sementara medali perunggu diraih Rian Saputra dari Sumsel dengan catatan waktu 1 jam 50 detik.

Sementara medali emas kedua dihasilkan dari nomor lontar martil putra. Dua atlet Riau berhasil naik podium. Denni Putra Yohannes dengan lemparan  48,96 meter dan Junaidi dengan lemparan 48, 65 meter menjadi penyumbang medali emas dan perak. Sementara medali perunggu direbut Tri Suhartono dari Babel dengan 44, 67 meter.

Sedangkan empat perak Riau dipersembahkan Junaidi di lontar martil dengan lemparan 48, 65 meter, Mariana Situmeang dari jalan cepat 20 km putri dengan catatan waktu 2 jam 11 06 detik, Maulyda Sari dari nomor lontar martil putri dengan lemparan sejauh 39, 48 meter, Mentari Pratiwi Ning Tyas dari nomor lari 100 meter putri.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada atlet yang telah berjuang dengan susah payah di arena. Hasil hari pertama ini telah memberikan spirit bagi atlet lainnya untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya,” kata Wakil Ketua Umum PASI Riau Ridaswin.

Riau pun berhasil menduduki peringkat atas daftar perolehan medali, Kamis (12/11/2015). “Hari pertama Porwil kita peringkat atas dalam perolehan medali. Mudah-mudahan bertahan terus,” kata Denni Hermanto, Wakil Sekretaris KONI Riau, Kamis (12/11/2015).

Sumsel berada di peringkat kedua dengan koleksi empat emas, satu perak dan 2 perunggu. Menyusul Sumbar di peringkat ketiga dengan 3 emas, 3 perak dan 3 perunggu. Tuan rumah Babel sendiri harus puas di peringkat empat klasemen sementara dengan koleksi 2 emas, 1 perak dan 2 perunggu. Bengkulu diperingkat kelima dengan hanya koleksi 1 emas.(dan/per)