Inhu Siap Gelar Porprov

Tidak ada komentar 216 views

porprov

 

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau melakukan kunjungan ke Indragiri Hulu untuk melakukan pemantauan kesiapan Inhu sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke VIII yang akan diselenggarakan 18 Oktober 2014 . Dari hasil kunjungan yang dilakukan langsung oleh Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis persiapan yang telah dilakukan sudah berkisar 70 persen. Demikian disampaikan, Emrizal Pakis di Kantor KONI Riau, Jalan Gajah Mada Pekanbaru, Jumat, 7 April 2014.

Untuk itu diharapkan kepada Panitia Pelaksana (Panpel) atau tuan rumah untuk terus menggesa persiapan Porprov VIII/2014 tersebut. Lebih lanjut disampaikan mantan asisten II Setdaprov Riau ini bahwa beberapa venue cabang olahraga yang dipersiapkan memang sudah dibangun. Namun memang masih ada venue yang hingga saat ini masih dalam tahap dan proses pembangunan.

“Saat ini masih dalam proses pembangunan seperti venue sepak takraw, panjat tebing kemudian atletik dan mudah-mudahan ini juga segera selesai dilakukan,” tambahnya.

Emrizal Pakis juga mengingatkan agar kesiapan infrastruktur pendukung juga diperhatikan seperti, ruang ganti atlet, waming up, toilet, air dan sebagainya yang memang diperlukan agar terlaksananya multi iven yang akan mempertandingkan 17 cabor ini bisa terlaksana dengan baik.

Untuk toilet mobile dan tempat sampah mobile juga menjadi hal yang dibutuhkan. Jika tuan rumah tidak bisa melakukan pengadaan, menurut Emrizal Pakis bisa dilakukan peminjaman kepada Pemerintah Provinsi Riau. Begitu juga dengan peralatan pertandingan yang akan dipergunakan nantinya.

“Memang sebagian sudah venue yang terbangun dan diharapkan untuk infrastruktur juga diperhatikan. Untuk toilet dan tong sampah mobile jika untuk pengadaan di Inhu tidak bisa dilakukan maka bisa pinjam ke Pemprov Riau, begitu juga dengan peralatan pertandingan,” ujarnya.

Di Porprov ini ada beberapa venue yang tidak permanen yakni menggunakan tenda khususnya untuk cabang olahraga beladiri. Selain itu untuk pelaksanaan pertandingan cabang olahraga nantinya juga tersebar dibeberapa wilayah yang ada di Kabupaten Inhu ini di antaranya Rengat, Air Molek, Siberida dan Rengat Barat.

Tuan rumah juga diminta untuk segera melakukan iventarisir rumah penduduk yang menjadi akomodasi buat atlet atau peserta Porprov nantinya. Nantinya KONI Riau juga akan menurunkan Technical Delegate (TD) masing-masing cabang olahraga untuk memantau dan melihat kesiapan venue. “Kami menunggu kesiapan tuan rumah dan yang pasti akan turunkan TD segera,” sebutnya.

Seperti diketahui, 17 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Porprov 2014 sesuai dengan rapat anggota KONI se Provinsi Riau dan mempertandingkan 237 nomor. Ke-237 nomor tersebut terdiri dari 42 nomor atletik, 2 nomor basket, 4 nomor di bolavoli indoor/outdoor, 7 nomor di bulutangkis, 18 nomor catur, 17 nomor karate, 26 nomor kempo, 22 nomor pencaksilat, 2 nomor sepakbola/futsal, 6 nomor sepaktakraw, 20 nomor taekwondo, 12 nomor tarung derajat, 7 nomor tenis meja, 7 nomor tenis, 9 nomor dayung dan 24 nomor panjat tebing. (p-7)