KONI Riau Diminta Seleksi Atlet Instan

Tidak ada komentar 245 views

media-center2

KETUA UMUM KONI Riau, Emrizal Pakis mengingatkan kepada seluruh KONI Kabupaten kota atau cabang olahraga yang menggunakan atlet yang berasal dari daerah lain atau atlet instan, agar atlet tersebut betul-betul tidak terdaftar sebagai atlet pada daerah lainnya di Indonesia dan diseleksi secara baik.

“Atlet tersebut harus bisa membela Riau, pada setiap even olahraga yang diikuti oleh Riau, baik Kejurwil maupun even nasional, termasuk multi even seperti Pekan Olahraga Nasional (PON), ungkap mantan kepala Bappeda Riau ini.

Menurutnya, kejadian yang sama saat Riau menjadi tuan rumah PON, banyak atlet yang dimutasi oleh kabupaten/kota, saat dipanggil untuk membela Riau dalam PON, mereka tidak lagi bisa diandalkan, karena memang sudah terdaftar pada daerah asal mereka, sehingga Riau hanya bisa gigit jari.

Diakui Emrizal, dalam pelaksanaan multi even ini, tidak ada larangan untuk suatu daerah melakukan mutasi atlet dari daerah lainnya, namun tentunya, mutasi tersebut jangan hanya untuk seremonial saja atau kebanggaan sesaat, setelah even selesai, prestasi daerah hanya jalan ditempat saja.

Dikatakannya, keberadaan atlet yang memang mempunyai potensi dan dimutasi ke kabupaten/kota di Riau, harusnya bisa dimanfaatkan untuk motifasi dan pembinaan generasi selanjutnya di daerah tersebut, sehingga mereka memang betul-betul bermanfaat saat direkrut.

Emrizal berharap, pembinaan secara kontiniu dapat terus dilakukan di setiap daerah, sehingga kedepan prestasi olahraga Riau secara umum, dapat juga meningkat dari sebelumnya. (media-center)