KONI Riau Siap Terapkan Sport Science

Tidak ada komentar 260 views
sumber : www.loughborough-sports-science.com

sumber : www.loughborough-sports-science.com

 

Guna meningkatkan prestasi di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat 2016, KONI Riau berencana menerapkan sport science dalam pengembangan prestasi olahraga di masa akan datang. Sport Science merupakan kegiatan praktik dari prinsip-prinsip keilmuan dalam dunia olahraga.

‘’Secara garis besar sport science meliputi bidang kesehatan, nutrisi, psikologi, biomekanik, pelatihan, pengujian dan pengukuran, serta kekuatan dan kondisi,” ujar Ketua Umum KONI Riau, Emrizal Pakis, Selasa, 8 April 2014. Sebelumnya, dalam beberapa kali rapat pengurus, Emrizal juga menjelaskan pentingnya sport science ini agar kamampuan atlet dan masa depan prestasinya bisa dideteksi sedini mungkin.

“Ini akan kami laksanakan melalui Litbang dan Iptek bagaimana mendorong kepada pendekatan prestasi atlet. Makanya, kami dorong lagi paling tidak cikal bakal sport science itu mulai dari sekarang,’’ tambahnya.

Dikatakannya, ilmu sains olahraga memang sudah ada di Indonesia, namun penerapannya yang belum terbukti secara signifikan. Untuk itu, rencana ini nantinya akan dibentuk tempat-tempat yang mendukung terlaksananya sport scinece.

‘’Nantinya kami pergunakan di salah satu ruangan di venue Sport Center Rumbai sebagai ruangan medical check up, kemudian fisikologinya atlet. Baik itu atlet pemula maupun yang masuk dalam atlet unggulan dan akan dievaluasi melalui Litbang ini,’’terangnya.

Emrizal menambahkan peranan Litbang nantinya penguatan terhadap Pengprov cabang olahraga agar nantinya menjadi organisasi yang aktif. ‘’Sport science membuat tim pelatih bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan para atlet,” ujarnya.

“Namun yang paling penting, bukan sekadar mendapat data dari penerapan sains olahraga, tetapi memanfaatkan data-data tersebut untuk meningkatkan performa atlet-atlet Riau yang nantinya diharapkan peningkatan prestasi atlet di Riau, terutama pada PON mendatang,’’tambahnya.(p-4)