Porprov Inhu Tampilkan Dua Boneka Raksasa

Tidak ada komentar 212 views

 

SEPANJANG Pelaksanaan Pekan Olahraga Daerah (Porda) yang saat ini sudah berganti menjadi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau selalau ada ciri khas yang ditampilkan. Begitu juga dengan apa yang dihadirkan oleh kabupaten Indragiri Hulu, saat menjadi tuan rumah Porprov VIII Riau.

Porprov akan dibuka secara resmi pada Sabtu (18/10) malam, di Stadion Narasinga Rengat. Acara itu akan dimeriahkan dengan penampilan 650 orang penari. Namun yang tak kalah serunya, dalam pembukaan tersebut akan ditampilkan dua boneka raksasa hasil karya anak negeri Sejuta Sungkai, berupa 2 boneka raksasa. Satu menggambarkan atlit bola yang tingginya  mencapai 3 meter lebar 1 meter dan berat sekitar 100 kg, sedangkan yang satunya menggambarkan Putri Indragiri yang dapat bergerak sesuai arah yang dikehendaki sipengendalinya.

“Dua Boneka ini sudah dipadukan dengan tekhnologi sehingga dengan hanya dua handle pengendali dapat menimbulkan berbagai gerakan yang kita inginkan” sebut khairudin BA warga Desa pematang jaya kecamatan Rengat Barat kamis 16/10 di kediamnnya.

Dikatakan orang yang akrab dipanggil Bade ini, boneka ini sengaja diciptakan guna memeriahkan Porprov ke VIII Di Kabupaten Inhu. Menurutnya, setelah dibuka sejumlah situs ornamen di internet belum ada ornamen yang melebihi besar dari yang saya buat, baik dalam suatu acara olah raga apapun didunia apa lagi setingkat dengan pekan olah raga provinsi.

Koordinator Bidang Acara dan Seremonial panitia Porprov VIII Riau, Adri Bahar , Kamis (16/10) mengatakan  selain 650 orang penari yang akan menampilkan berbagai macam tarian di Kabupaten Inhu yang dikombinasikan dalam satu tarian massal, bertajuk Rentak Tuah Negeri. Diantaranya tari Rentak Bulian, yang merupakan tarian asli asal Indragiri Hulu.

Ditambahkannya, dalam pembukaan Porprov Riau juga akan menampilkan atraksi marching band, kirab budaya, becak hias, kajang serong, hingga pesta kembang api.“Saat ini semua persiapan sudah dilakukan dengan sesuai jadwal. Bahkan para peserta telah melaksanakan gladi di Stadion Narasinga Rengat,” sebutnya.

Dijelaskannya, selama pelaksanaan Porprov VIII Riau di Kabupaten Inhu, Pemkab Inhu juga akan menggelar malam hiburan seni musik dan seni budaya di Lapangan Hijau Rengat.  Malam hiburan juga dimeriahkan dengan penampilan band dari Jogjakarta serta pagelaran seni budaya masyarakat dari berbagai etnis.

Menurut Adri Bahar, menurut rencana pembukaan Porprov Riau akan dibuka oleh Plt Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman serta dihadiri oleh para Bupati dan Walikota se Provinsi Riau. (media-center)