PSSI Riau Belum Bentuk Tim PON Remaja

Tidak ada komentar 234 views

zulfahmi-adrian1

Asprov PSSI Riau belum membentuk tim yang akan dipersiapkan untuk ikut babak kualifikasi PON Remaja 2014, yang rencananya akan digelar 3-9 November mendatang. Namun, PSSI Riau sudah menunjuk Yulnedi Tanjung sebagai pelatih untuk menangani tim tersebut. Jika cabang lain memilih memakai atlet dari PPLP Riau, PSSI Riau nampaknya memilih melakukan seleksi terbuka.

Sekretaris Umum PSSI Riau, Zulfahmi Adrian, menjelaskan hal tersebut di sela-sela rapat persiapan PON Remaja yang digelar KONI Riau di Gedung KONI Riau Jl Gajah Mada Pekanbaru, Kamis (25/9). Ketika ditanya mengapa tidak memilih salah satu dari dua tim remaja, yakni PPLP Sepakbola Riau dan Sekolah Olahraga, atau menyeleksi dari dua tim tersebut, Zulfahmi menjelaskan, bahwa opsi terbaik adalah menggelar seleksi terbuka.

“Kami menggelar seleksi terbuka, tetapi kami sudah menunjuk Yulnedi Tanjung sebagai pelatih,” jelas mantan manajer Persires Rengat ini.

Opsi memakai pemain-pemain dari PPLP atau Sekolah Olahraga, atau menggabung keduanya, sebenarnya lebih memudahkan kinerja pelatih. Apalagi, tim sepakbola PPLP yang kini dilatih Miskardi, dianggap lebih siap. Kamis lalu misalnya, PPLP Riau melakukan ujicoba dengan PPLP Rangunan, juga dengan beberapa tim lainnya di Jakarta. Selain itu, sepakbola PPLP juga akan menjadi tim sepakbola yang akan turun dalam Pekan Olahraga Wilayah (Popwil) di Jambi, November mendatang.

Namun menurut Zulfahmi, pihaknya ingin memberi kesempatan seluruh pesepakbola remaja terbaik di Riau untuk seleksi. “Semangatnya lebih ke sana. Memberi kesempatan seluruh anak Riau yang berusia 17 tahun untuk ikut seleksi,” jelasnya.

Tim sepakbolan PON Remaja Riau akan berada di Grup I dalam kualifikasi nanti. Selain Riau, grup ini dihuni Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Barat (Sumbar), dan Jambi. Hingga kini belum diputuskan siapa yang akan menjadi tuan rumah. Aceh dan Sumut secara resmi sudah mengajukan diri menjadi tuan rumah ke PSSI. Riau sendiri belum memastikan mencalonkan diri atau tidak.

Menurut Zulfahmi, tuan rumah dibebani untuk menanggung biaya perangkat pertandingan seperti wasit, inspektur wasit, dan yang lainnya. Jika tak ada kontestan yang terpilih menjadi tuan rumah, kata Zulfahmi, PSSI akan menyelenggarakan di tempat netral, dan biaya pertandingan akan dibebankan ke peserta.

Dalam PON Remaja 2014, cabang sepakbola akan diikuti 12 tim. 11 tim dari hasil kualifikasi plus tuan rumah yang dipastikan lolos.***