Riau Target Empat Besar di Porwil 2015

Tidak ada komentar 287 views

image

Dengan kekuatan 247 orang, kontingen Riau menargetkan posisi empat besar di Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera 2015 di Bangka Belitung, 12-21 November.

Target empat besar bukan perkara mudah dicapai sebab banyak kendala dihadapi KONI Riau jelang keberangkatan ke Babel. Diantaranya adalah belum diketahuinya peta kekuatan lawan di Sumatera, ditambah dengan persiapan atlet Riau yang terkendala asap saat menjalani Pelatda.

“Target kita adalah masuk empat besar di Porwil Sumatera 2015 ini. Sebelumnya, kita pada tahun 2011 tidak mengikuti Porwil di Kepri karena kita menjadi tuan rumah PON 2012. Kondisi ini, sedikit-banyaknya kita belum mengetahui kekuatan lawan,” ujar Ketua Umum KONI Riau, Emrizal Pakis kepada wartawan saat Pengukuhan dan Pelapasan Kontingen Porwil Riau, Minggu (8/11) di Jalan Gajah Mada Pekanbaru.

Emrizal mengakui kendala asap yang melanda Riau membuat Pelatda yang dilakukan KONI Riau kurang maksimal. Kendati demikian, mantan Asisten II Setdaprov Riau itu optimis target empat besar bisa direalisasikan.

“Kita memiliki cabor-cabor andalan untuk mendulang emas. Diantaranya adalah renang, atletik, takraw, biliar, catur, panjat tebing dan silat. Sementara, tiga  cabor lainnya bulutangkis, sepakbola dan basket diharapkan membuat kejutan minimal bisa lolos PON 2016 Jabar,” jelasnya didampingi Ketua Kontingen Abdul Lapiz Manan.

Sementara Plt Gubri H Arsyadjuliandi Rachman yang berkesempatan hadir mengukuhkan dan melepas kontingen menyebutkan bahwa ajang Porwil mempertaruhkan marwah Riau di bidang olahraga. Untuk itu, pihaknya meminta kontingen Riau bisa menciptakan prestasi yang membanggakan masyarakat Riau.

“Porwil adalah ajang untuk memperlihatkan prestasi daerah di bidang olahraga. Jadi saya minta kontingen Riau bisa menegakkan kepala di Porwil dengan mencetak prestasi,” jelasnya.

Pengukuhan dan pelepasan kontingen Riau secara simbolis dilakukan oleh Plt Gubri dengan melepas balon ke udara dengan didampingi Ketua KONI Emrizal Pakis, Ketua Kontingen Abdul Lapiz Manan, Kadispora Riau Eddie Yusti serta pengurus KONI Riau lainnya.

Di Porwil nanti, ujar Abdul Lapiz, Riau mengikuti semua cabor yang dipertandingkan dengan menurunkan 24 atlet dan lima pelatih di cabor atletik, tujuh atlet dan dua pelatih di cabor biliar, 16 atlet dan tiga pelatih di bulutangkis, 24 atlet dan tiga pelatih di basket, tujuh atlet dan satu pelatih di catur, 18 atlet dan tiga  pelatih di panjat tebing, 27 atlet dan empat pelatih di silat, 12 atlet dan dua pelatih di renang, 20 atlet dan empat pelatih di sepakbola dan 24 atlet dan lima pelatih di takraw.***

Tag: