Sport Science  Penting untuk Dongkrak Prestasi Atlet

image

Sosialisasi Sport Science  KONI Riau 2015 resmi dibuka, Kamis (5/11/2015) malam di Hotel Grand Central, Pekanbaru.  Sebanyak 65 pengurus KONI Kabupaten/Kota dan pengurus cabang olahraga provinsi akan mengikuti kegiatan ini hingga Sabtu (7/11).

Ketika membuka kegiatan tersebut, Ketua Umum KONI Riau Dr H Emrizal Pakis mengatakan, sport science penting dalam meningkatkan prestasi atlet, mulai dari  perekrutan atlet berbakat hingga menganalisa kekuatan dan kelemahan lawan.

 “Saya punya impian Riau juga memiliki sport science. Beberapa daerah di Indonesia sudah memakai sport science untuk meningkatkan prestasi atletnya. Jawa Timur (Jatim), DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah sudah memanfaatkan teknologi olahraga untuk membantu prestasi olahraganya. Ini juga untuk mengejar ketertinggalan prestasi atlet-atlet luar Jawa, terutama Riau, dengan atlet di Jawa,” ujar Emrizal.

 Emrizal berharap, dengan sosialisasi ini, para pengurus KONI Kabupaten/Kota  dan para pengurus cabang olahraga sadar dan sepakat bahwa sport science adalah salah satu solusi untuk meningkatkan prestasi atlet.  “Jika semuanya sudah sadar dan paham, maka kita akan berjuang bersama untuk  berdirinya sport science ini di Riau dan meminta pemerintah pusat, dalam hal ini Kemenpora, untuk membantu merealisasikannya,” jelas Emrizal .

 Ketua Panitia Pelaksana Prof Dr Zulkarnaini Saleh MS menjelaskan, semula kegiatan ini akan dibuka oleh Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Dr Alfitra Salamm. Namun pada detik-detik terakhir lelaki kelahiran Cerenti, Kuantan Singingi tersebut membatalkan kedatangannya karena harus mengikuti kunjungan Menpora Imam Nahrawi ke suatu daerah.

 Untuk pembicara juga ada perubahan. Sebelumnya yang akan memberi materi tentang “Implementasi Iptek dalam Olahraga” adalah Prof Dr James Takudung dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Namun, karena James Takudung bentrok dengan jadwal lain, materi itu akan digantikan oleh Dr Hj Widiastuti MPd yang juga dari UNJ.

 “Untuk pembicara yang lain yakni Prof Dr  Harisetijono  dari Universitas Negeri Surabaya, yang akan menyampaikan materi  tentang ‘Implementasi Sport Science Unesa dalam Peningkatan Prestasi Atlet’,  tetap. Beliau akan sampai di Pekanbaru pada Kamis sore,” jelas Zulkarnaini.

Terpisah, Sekretaris Panitia dr Ruswaldi Munir SpKO  menjelaskan, bagi Riau, sport science penting dan untuk itu melalui acara ini, pihaknya akan melobi Kemenpora agar dibangun sport science di Riau, dalam hal ini di Jurusan Olahraga FKIP Unri.

 “Kita akan berjuang agar di Riau dibangun sport science untuk penunjang prestasi atlet di daerah ini,” ujar Ruswaldi Munir.

 Wakil ketua panitia yang juga Dekan FKIP Unri,  Prof Dr M Nur Mustafa MPd, sependapat  dengan dr Ruswaldi.  Menurutnya, dirinya sudah menghadap Rektor Unri membicarakan tentang pembangunan sport science ini. Rektor Unri, ujar M Nur, menyetujui rencana tersebut dan malah sudah menyediakan lahan untuk dibangun gedungnya.

 “Kalau Kemenpora setuju dan membantu berdirinya sport science di Riau, yakni di FKIP Unri, kami sudah menyediakan lahan untuk dibangun,” jelas M Nur.***